ALQADRI, FARID (2024) PEMBELAJARAN RAGAM HIAS MOTIF TORAJA DI KELAS XII IPA 1 SMAN 4 TORAJA UTARA. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.
Text
JURNAL FARID ALQADRI 1981041003 - Farid Alqadri.pdf Download (735kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam pembelajaran seni ragam hias motif Toraja pada kerajinan anyaman tampah pada peserta didik kelas XII IPA 1 di SMA Negeri 4 Toraja Utara. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru seni budaya sedangkan objeknya adalah peserta didik. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembuatan RPP Guru seni budaya perlu memasukkan semua Komponen-komponen yang harus ada dalam RPP. RPP yang dibuat Guru tidak memuat semua unsur-unsur yang harus ada didalam RPP. Dalam pembelajaran ragam hias motif Toraja dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan. Pelaksanaan pembelajaran terdiri dari 3 tahapan yaitu, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pelaksanaan pembelajaran sudah sesuai dengan RPP. Bentuk evaluasi yang digunakan oleh Guru merupakan bentuk evaluasi formatif sedangkan teknik penilaian yang digunakan merupakan format penilaian karya peserta didik. Di mana dari 29 peserta didik yang hadir ada 6 peserta didik yang tidak menyelesaikan karya, 16 peserta didik mendapatkan nilai sangat baik dan 7 peserta didik mendapatkan nilai baik. Dalam penilaian Guru tidak membuat indikator penilaian sehingga tidak ada kejelasan Hal-hal apa saja dinilai oleh Guru dari karya peserta didik. Kata Kunci: Pembelajaran, Seni Ragam Hias, Motif Toraja
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa |
Divisions: | FAKULTAS SENI DAN DESAIN |
Depositing User: | Pustaka FSD yayu |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 06:37 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 06:37 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35904 |
Actions (login required)
View Item |