PENGGUNAAN MEDIA E-BOOKSTORY BERBASIS APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V UPT SPF SD NEGERI RAJAWALI KECAMATAN MARISO KOTA MAKASSAR

Putri Aqilah Ayyub (2024) PENGGUNAAN MEDIA E-BOOKSTORY BERBASIS APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V UPT SPF SD NEGERI RAJAWALI KECAMATAN MARISO KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal Putri Aqilah Ayyub.pdf

Download (255kB)

Abstract

Putri Aqilah Ayyub, 2024. Penggunaan Media E-Bookstory Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V UPT SPF SD Negeri Rajawali Kecamatan Mariso Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (Dibimbing oleh Dra. Rosdiah Salam, M.Pd. & Dr. Widya Karmila Sari Achmad, S.Pd., M.Pd.). Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Rajawali Kecamatan Mariso Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman menggunakan media E-Bookstory berbasis aplikasi canva pada siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Rajawali Kecamatan Mariso Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK). Setting penelitian ini adalah UPT SPF SD Negeri Rajawali Kecamatan Mariso Kota Makassar. Adapun subjek penelitiannya adalah guru dan siswa yang berjumlah 16 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berbicara siswa secara klasikal dari siklus I ke siklus II. Adapun dalam aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Tes akhir pada keterampilan membaca pemahaman siklus I berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media E-Bookstory berbasis aplikasi canva dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Rajawali Kecamatan Mariso Kota Makassar. Kata Kunci: Media E-Bookstory, Keterampilan Membaca Pemahaman

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Aug 2024 00:15
Last Modified: 13 Aug 2024 00:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35892

Actions (login required)

View Item View Item