NUR FADHILLAH LATIF (2024) PENERAPAN MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) UNTUK MENINGKATKAN CIVIC KNOWLEDGE SISWA KELAS V DI UPT SDI DALLEMAMBUA NO.102 KEPULAUAN SELAYAR.
Text
ARTIKEL DHILLAH.pdf Download (472kB) |
Abstract
NUR FADHILLAH LATIF, 2024, Penerapan Model Value Clarification Technique Untuk Meningkatkan Civic Knowledge Siswa Kelas V Di SDI Dallemambua No.102 Kepulauan Selayar. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Nurfaizah dan Amrah) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model value clarification technique (VCT) untuk meningkatkan civic knowledge siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus, yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDI Dallemambua No. 102 Kepulauan Selayar, pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 8 orang siswa, yang terdiri dari 5 orang laki- laki dan 3 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi untuk guru dan tes untuk siswa. Pada siklus pertama guru masih belum menerapkan model pembelajaran VCT dengan baik dalam pembelajaran dimana ini dibuktikan pada hasil observasi penerapan model VCT oleh guru. Guru langsung masuk ke materi tanpa memberi stimulus awal kepada siswa, tujuan pembelajaran juga tidak disampaikan kepada siswa, Saat berdialog suasana kelas masih tidak tertib, guru juga sering menggunakan pertanyaan tertutup sehingga siswa dituntut untuk memilih jawaban yang sudah tersedia tanpa memberi kesempatan siswa untuk mengembangkan jawabannya.setelah melakukan perbaikan pada siklus kedua, guru dapat mengontrol kelas tetap tertib saat berdialog, guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan stimulus pada awal pembelajaran, dan guru juga memberikan pertanyaan terbuka sehingga siswa dapat mengembangkan sendiri jawaban sesuai pemahamannya. Pada siklus pertama penerapan model VCT masih berada pada kategori cukup dan hasil belajar siswa berada pada kategori cukup. Kemudian dilanjutkan pada siklus kedua dimana semua indikator yang diharapkan sudah memenuhi kriteria sehingga terjadi peningkatan yaitu penerapan model VCT berada pada kategori baik dan hasil belajar siswa berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dengan menerapkan model VCT dapat meningkatkan civic knowledge siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran Value Clarification Technique, Civic Knowledge
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 06:26 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 06:26 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35891 |
Actions (login required)
View Item |