Annisa Rifah Rahman (2024) PENGARUH PENGGUNAAN E-MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS METODE SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY TERHADAP MINAT BELAJAR KELAS IV UPT SPF SDN PAGANDONGAN KECAMATAN TAMALANREA KOTA MAKASSAR.
Text
Artikel_Annisa Rifah Rahman.pdf Download (360kB) |
Abstract
Annisa Rifah Rahman, 2024. Pengaruh Penggunaan E-Modul Pembelajaran Berbasis Metode Science technology society Terhadap Minat Belajar Kelas IV UPT SPF SDN Pagandongan Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Pembimbing Dr. Muhammad Irfan, S.Pd., M.Pd. selaku pembimbing utama dan Dr. Hardianto Rahman, S.Pd., M.Pd. selaku pembimbing pendamping. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan penggunaan E-Modul pembelajaran berbasis metode science technology society pada siswa kelas IV di SDN Pagandongan Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar, (2) Untuk mendeskripsikan minat belajar siswa kelas IV di SDN Pagandongan Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar, (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-modul pembelajaran berbasis metode science technology society terhadap minat belajar kelas IV SDN Pagandongan Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SDN Pagandongan dengan menggunakan nonprobability sampling dengan teknik convenience sampling. Jumlah sampel sebanyak 25 siswa. Hambatan yang ditemukan peneliti yakni ketika memberikan e-modul pada siswa, peneliti mengalami keterbatasan fasilitas yaitu gadget untuk mengakses e-modul yang menyebabkan penelitian membutuhkan waktu yang cukup lama saat mengaplikasikan e-modul pada siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa angket minat belajar dan lembar observasi. Hasil analisis Penelitian menunjukkan bahwa (1) Deskripsi penggunaan e-modul pembelajaran berbasis metode pada kelas IV SDN Pagandongan berlangsung secara efektif. Hal ini dikarenakan keaktifan siswa pada saat proses pembelajaran yang ditandai dengan fokus siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung, (2) Deskripsi minat belajar siswa setelah menggunakan e-modul pembelajaran berbasis metode science technology society yaitu kategori baik dibandingkan dengan minat belajar siswa sebelum menggunakan e-modul pembelajaran berbasis metode science technology society yaitu kategori kurang.(3) Penggunaan e-modul pembelajaran berbasis metode science technology society berpengaruh terhadap minat siswa kelas IV SDN Pagandongan . Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis dilakukan dengan uji Mc nemar diperoleh hasil x^2 tabel distribusi Chi-Square menggunakan df (derajat kebebasan) 1 dan taraf a 0,5 adalah 3,841. Sedangkan hasil dari x^2 aspek perubahan minat belajar adalah 12,5. Dalam rumus, jika x^2 hitung > x^2 tabel maka Ho ditolak. Data menunjukkan bahwa 12,5 > 3,841 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga berdasarkan penggunaan e-modul berbasis science technology society memberikan pengaruh yang baik terhadap minat belajar siswa. Kata Kunci: minat belajar, e-modul pembelajaran , metode science technology societ
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 06:07 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 06:07 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35890 |
Actions (login required)
View Item |