PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN QUIZIZ PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI SMAN 6 SINJAI

A. Nidaul Magvira Nasrun (2024) PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN QUIZIZ PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI SMAN 6 SINJAI.

Full text not available from this repository.

Abstract

A. Nidaul Magvira Nasrun 2023. Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran menggunakan Quizizz Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI di SMAN 6 Sinjai. Skripsi. Dibimbing Oleh : Dr. Faridah Febriati, S.s., M.Si. dan Dr. Nurhikmah H, S.Pd., M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Untuk mewujudkan pendidikan yang lebih baik dan lebih maju maka dibutuhkan adanya peningkatan proses pembelajaran dan evaluasi yang berkulitas karena dari hasil evaluasi dapat dilihat tingkat keberhasilan atau tidaknya dalam sebuah proses pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengidentifikasi kebutuhan pengembangan alat evaluasi menggunaakan quizizzz pada Mata Pelajaran Biologi kelas XI di SMAN 6 Sinjai. 2) Untuk mendeskripsikan desain alat evaluasi pembelajaran menggunakan quizizz pada Mata Pelajaran Biologi kelas XI di SMAN 6 Sinjai 3) Mengukur tingkat validias alat evaluasi pemmbelajaran menggunakan quiziz pada Mata pembelajaran Biologi kelas XI di SMAN 6 SINJAI. 4) Mengukur tingkat kelayakan alat evaluasi menggunakan quizizz pada Mata pembelajaran Biologi kelas XI di SMAN 6 SINJAI.. Penelitian ini dilakukan di SMAN 6 Sinjai Kab.Sinjai. Subjek dari penelitian ini adalah 20 orang siswa, 1 orang guru, dan 2 orang validator yang terdiri dari validator materi/isi dan validator media. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket validasi materi/isi, angket validasi media, angket uji coba/angket tanggapan siswa, dan angket anggapan guru pengampuh mata pelajaran. Hasil dari penelitian ini yaitu : 1) Hasil analisis kebutuhan menyatakan bahwa pengembangan alat evaluasi menggunakan apikasi quizizz dibutuhkan. 2) Hasil validasi dari ahli materi berada pada kriteria sangat valid. 2) Hasil validasi oleh ahli media memperoleh dengan kriteria sangat valid. 3) Hasil Angket tanggapan siswa dan guru berada pada kategori layak untuk digunakan. 4) Hasil uji coba soal di karegorikan layak. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa produk yang telah dikembangkan oleh peneliti memiliki tingkat validitas yang valid serta layak untuk digunakan dalam proses evaluasi pembelaaran di SMAN 6 Sinjai. Kata Kunci : Pengembanagan, Evaluasi Pembelaaran, Quizizz, Biologi

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Aug 2024 06:05
Last Modified: 09 Aug 2024 06:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35879

Actions (login required)

View Item View Item