PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 4 PITU RIAWA KAB.SIDENRENG RAPPANG

Karmila (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 4 PITU RIAWA KAB.SIDENRENG RAPPANG.

Full text not available from this repository.

Abstract

Karmila. 2023. Pengembangan Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 4 Pitu Riawa Kab. Sidenreng Rappang. Skripsi. Dibimbing oleh : Dr. Pattaufi, S.Pd, M.Si dan Andromeda Valentino Sinaga, S.S, M.Pd Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Perkembangan teknologi digital saat ini memiliki dampak yang signifikan terhadap dunia pendidikan. Penggunaan teknologi memudahkan proses pembelajaran dan menciptakan suasana pembelajaran yang tidak membosankan dan monoton. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development). Penelitian ini bertujuan untuk 1)mengetahui tingkat kebutuhan media video pembelajaran, 2) mendesain media video pembelajaran, 3) mengetahui kevalidan /kelayakan media video pembelajaran, 4) mengetahui tingkat kepraktisan media video pembelajaran. Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Pitu Riawa Kab.Sidenreng Rappang. Subjek dari penelitian ini adalah 20 orang siswa kelas VIII, 1 orang guru, dan 2 orang validator yang terdiri dari validator materi/isi dan validator media. Pengumpulan data menggunakan angket identifikasi kebutuhan, angket validasi materi/isi, angket validasi media, angket uji coba perorangan, angket uji coba kelompok besar/lapangan dan angket tanggapan guru pengampu mata pelajaran. Hasil dari penelitian ini yaitu : 1) Hasil yang diperoleh dari identifikasi tingkat kebutuhan siswa berada pada kategori dibutuhkan, 2) Desain media video pembelajaran menggunakan aplikasi Doratoon, produk yang dihasilkan berupa video animasi yang berisi pembuka, isi materi serta latihan soal, 3) Hasil yang diperoleh dari validasi materi/isi dan validasi media berada pada kategori sangat valid, 4) untuk menguji tingkat kepraktisan produk dilakukan uji coba perorangan, uji coba kelompok besar/lapangan dan tanggapan guru. Dari uji coba perorangan dan tanggapan guru berada pada kategori sangat baik sedangkan pada uji coba kelompok besar/lapangan berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa produk yang telah dikembangkan oleh peneliti valid/layak dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Pengembangan, Doratoon, Media Video Pembelajaran, IPS Kelas VIII

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Aug 2024 06:01
Last Modified: 09 Aug 2024 06:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35878

Actions (login required)

View Item View Item