PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDI TANGALLA KECAMATAN BAROMBONG KABUPATEN GOWA

Ija Setia Marbun (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDI TANGALLA KECAMATAN BAROMBONG KABUPATEN GOWA.

[img] Text
ARTIKEL JURNAL_IJA SETIA MARBUN.pdf

Download (388kB)

Abstract

Ija Setia Marbun, 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDI Tangalla Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Amir Pada dan Muhammad Irfan) Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan (1) untuk mengetahui gambaran penggunaan model pembelajaran kooperatif learning tipe inside outside circle terhadap pembelajaran IPS siswa di kelas V SDI Tangalla Kecamatan barombong Kabupaten Gowa, (2) untuk mengetahui gambaran hasil belajar IPS siswa kelas V SDI Tangalla Kecamatan barombong Kabupaten Gowa, (3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif learning tipe inside outside circle terhadap hasil belajar IPS siswa di kelas V SDI Tangalla Kecamatan barombong Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah Pre�Experimental Design dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa, teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDI tangalla Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa sebanyak 30 orang. Data yang dikumpulkan menggunakan instrument penelitian berupa lembar observasi, tes hasil belajar IPS dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada pengujian hipotesis yaitu Paired Sample T-Test dengan bantuan program IBM SPSS 29. Perhitungan hasil belajar siswa dengan membandingkan hasil pretest dan posttest dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe inside outside circle menunjukkan bahwa: (1) gambaran penggunaan model pembelajaran kooperatif learning tipe inside outside circle di kelas V SDI Tangalla Kecamatan barombong Kabupaten Gowa terlaksana dengan kategori sangat efektif (2) gambaran hasil belajar IPS siswa pada pembelajaran setelah diberikannya perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe inside outside circle menunjukkan adanya perbedaan. Hal ini dibuktikan dengan hasil pretest dan posttest hasil belajar IPS siswa dari kategori kurang menjadi kategori baik (3) dengan demikian, pengggunaan model pembelajaran kooperatif learning tipe inside outside circle berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDI Tangalla Kecamatan barombong Kabupaten Gowa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Inside Outside Circle, Hasil Belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 05 Aug 2024 06:31
Last Modified: 05 Aug 2024 06:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35859

Actions (login required)

View Item View Item