PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS V SDN 32 MANNAGAE KECAMATAN TANASITOLO KABUPATEN WAJO

Andi Ainul Yaqin Kaleleng (2024) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS V SDN 32 MANNAGAE KECAMATAN TANASITOLO KABUPATEN WAJO.

[img] Text
Jurnal Andi Ainul Yaqin.pdf

Download (294kB)

Abstract

Andi Ainul Yaqin Kaleleng, 2024. Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas V SDN 32 Mannagae Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Latri selaku pembimbing I dan Rahmawati Patta selaku pembimbing II) Literasi numerasi memainkan peran penting dalam memungkinkan siswa meningkatkan kemahiran matematika siswa dan mengembangkan keterampilan penting lainnya yang relevan dengan pembelajaran abad ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education dan kemampuan literasi numerasi siswa serta menguji pengaruh pendekatan Realistic Mathematic Education terhadap kemampuan literasi numerasi siswa kelas V SDN 32 Mannagae. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis Pre-Experimental tipe One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 32 Mannagae, dengan sampel 27 siswa menggunakan teknik Total Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan literasi numerasi, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa keterlaksanaan pendekatan Realistic Mathematic Education pada siswa kelas V terdapat perubahan signifikan dalam kemampuan literasi numerasi siswa, dengan rata-rata posttest berada pada kategori tinggi. Hasil analisis inferensial diperoleh perbedaan pengaruh pendekatan Realistic Mathematic Education terhadap kemampuan literasi numerasi siswa jika dibandingkan pada saat belum diberikan pengaruh pendekatan Realistic Mathematic Education. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) proses pembelajaran menerapkan pendekatan Realistic Mathematic Education Sangat Baik, (2) hasil tes siswa menunjukkan adanya peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa, dan (3) terdapat pengaruh pendekatan Realistic Mathematic Education terhadap kemampuan literasi numerasi siswa kelas V SDN 32 Mannagae Kabupaten Wajo. Kata Kunci: Pendekatan Realistic Mathematic Education, kemampuan literasi numerasi

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 05 Aug 2024 06:11
Last Modified: 05 Aug 2024 06:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35858

Actions (login required)

View Item View Item