PENGEMBANGAN KUIS INTERAKTIF BERBASIS GAME EDUKATIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS VII DI DDI ALLIRITENGAE MAROS

Melita Sumomba (2024) PENGEMBANGAN KUIS INTERAKTIF BERBASIS GAME EDUKATIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS VII DI DDI ALLIRITENGAE MAROS.

[img] Text
Artikel Melita Sumomba-Pengembangan Kuis Interaktif Berbasis Game Edukatif Pada Mata Pelajaran Bahasa In~0.pdf

Download (370kB)

Abstract

Melita Sumomba, 2023. Pengembangan Kuis Interaktif Berbasis Game Edukatif Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VII Di DDI Alliritengae Maros. Skripsi. Dibimbing oleh : Dr. Abdul Hakim, S.Pd, M.Si. dan Dr. Farida Febriati, S.S., M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Pentingnya mengembangkan media pembelajaran merupakan salah satu faktor penentu dalam keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengidentifikasi kebutuhan pengembangan kuis interaktif pada mata pelajaran Bahasa Inggris terhadap game Edukatif sebagai media evaluasi kelas VII di DDI Alliritengae Maros, (2) Mendesain kuis interaktif mata pelajaran Bahasa Inggris berbasis game edukatifsebagai media evaluasi kelas VII di DDI Alliritengae Maros, (3) Menghitung validitas dan kepraktisan kuis interaktif berbasis game edukatif sebagai media evaluasi pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas VII di DDI Alliritengae Maros. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle, dimana metode ini memiliki 6 tahapan yakni konsep (concept), desain (design), pengumpulan materi (material collecting), pembuatan (assembly), pengujian (testing), distribusi (distibution). Dari hasil uji coba diperoleh hasil 92,61% dimana pada tabel konversi tingkat kepraktisan berada pada kategori sangat praktis dengan keterangan tidak perlu direvisi. Berdasarkan hasil uji coba kuis interaktif berbasis game edukatif dikatakan sangat praktis dengan aspek yang dinilai yaitu kejelasan materi, tampilan dan desain kuis interaktif berbasis game edukatif yang menarik sehingga dapat menumbuhkan semangat dan juga motivasi siswa untuk mengikuti evaluasi pembelajaran, selain itu produk game edukatif ini mudah dioperasikan dan dilakukan kapanpun dan dimanapun. Hasil analisis kebutuhan yang diperoleh melalui angket atau kuesioner yang diisi oleh 15 orang siswa kelas VII yang sedang mengikuti pelajaran Bahasa Inggris didapatkan hasil bahwa dalam proses evaluasi mata pelajaran dibutuhkan media evaluasi berbasis game edukatif yang lebih praktis dan efisien. game edukatif yang dikembangkan dengan acuan RPP kemudian menentukan teks soal berdsarkan indikator capaian tiap materi lalu dirancang dalam bentuk soal evaluasi berupa soal pilihan ganda, essai, benar atau salah dan juga kuis dengan audio. Kuis interaktif berbasis game edukatif yang dikembangkan menggunakan aplikasi Kahoot. Pada tahap validasi game edukatif, dilakukan validasi oleh dua orang validator yang ahli dibidangnya dengan memperoleh skor yang berada pada kualifikasi baik sehingga game edukatif yang dikembangkan dapat dikatakan valid untuk digunakan dalam proses evaluasi pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Kata Kunci : Pengembangan, Kuis Interaktif, Game Edukatif, Bahasa Inggris

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 05 Aug 2024 01:27
Last Modified: 05 Aug 2024 01:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35853

Actions (login required)

View Item View Item