PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR BERBASIS QR CODE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 35 SANGTEMPE KEC CURIO KAB ENREKANG

Sitti Hafiyah Nasri (2024) PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR BERBASIS QR CODE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 35 SANGTEMPE KEC CURIO KAB ENREKANG.

[img] Text
Jurnal Sitti Hafiyah Nasri.pdf

Download (427kB)

Abstract

Sitti Hafiyah Nasri, 2023. Penggunaan Media Kartu Bergambar Berbasis Qr Code Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri 35 Sangtempe Kec Curio Kab Enrekang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Syamsiah D. dan Suarlin) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media kartu bergambar berbasis QR Code men ingkatkan hasil belajar siswa berupa keterampilan menulis mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Fokus pada penelitian ini adalah fokus proses dan fokus hasil. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 35 Sangtempe Kec Curio Kab Enrekang dengan subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas V SD Negeri 35 Sangtempe tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 12 siswa, terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus dengan masing-masing siklus 2 pertemuan. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari pelaksanaan diperoleh data yang dikumpulkan dengan teknik observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Pada siklus I hasil penelitian observasi aktivitas siswa berada pada kualifikasi cukup (C), observasi aktivitas guru berada pada kualifikasi baik (B), dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi cukup (C). Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan, dimana hasil penelitian observasi aktivitas siswa berada pada kualifikasi baik (B), observasi aktivitas guru berada pada kualifikasi baik (B), dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi baik (B). Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media kartu bergambar berbasis QR Code dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 35 Sangtempe Kec Curio Kab Enrekang. Kata Kunci: Kartu Gambar, Qr Code, Hasil Belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Jul 2024 06:35
Last Modified: 25 Jul 2024 06:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35851

Actions (login required)

View Item View Item