Ayu Tiara (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN 032 INPRES PAMBUSUANG KABUPATEN POLEWALI MANDAR.
Text
Artikel+AYU+TIARA.pdf Download (284kB) |
Abstract
Ayu Tiara, 2023. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V Di SDN 032 INPRES PAMBUSUANG Kabupaten Polewali Mandar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negri Makassar (dibimbing oleh Nasaruddin dan Syamsuryani Eka Putri Atjo). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen bentuk Pre Eksperimental Design dengan Tipe One-Group Design. Penelitian ini memiliki tujuan untuk : (1) mengetahui gambaran penerapan model Problem Based learning (PBL) pada materi pelajaran IPA Peserta Didik kelas V (2), mengetahui hasil belajar IPA Peserta Didik Kelas V, (3) Mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan antara penerapan model PBL terhadap belajar. Variabel bebas pada penelitian adalah Model Problem Based Learning sedangkan variabel terikatnya adalah Hasil Belajar IPA. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Peserta Didik kelas kelas V berjumlah 1 kelas sebanyak 25 Peserta Didik,Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi keterlaksanaan proses pembelajaran, tes yang dilakukan sebanyak dua kali yaitu pretest dan posttest dan dokumentasi berupa perangkat pembelajaran dan dokumen penelitian. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa gambaran penerapan model problem based learning pada pertemuan pertama berjalan dengan efektif dan pertemuan kedua berjalan dengan sangat efektif. Hasil uji hipotesis mengandung arti bahwa penerapan model problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPA Peserta Didik kelas. Berdasarkan Penelitian yang telah di lakukan dapat di simpulkan bahwa 1) Pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan model problem based learning di kelas V pada Peserta Didik berjalan dengan sangat baik dan berada pada kategori efektif dikarenakan presentase kategori meningkat setiap pertemuan. 2) Hasil belajar Peserta Didik kelas V meningkat saat penerapan model problem based learning. Hal ini terbukti dengan nilai rata-rata posttest (setelah treatment) lebih tinggi dari pada nilai rata-rata Pretest (sebelum Treatment). 3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan dari penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar Peserta Didik kelas V di SDN 032 Inpres Pambusuang Kabupaten Polewali Mandar. Dengan nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari 0.05 yang mengandung arti bahwa Ho ditolak dan ha diterima. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, IPA
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 06:15 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 06:15 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35850 |
Actions (login required)
View Item |