PENGGUNAAN MEDIA PENSIL GRIP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ANAK CEREBRAL PALSY KELAS IV SD DI SLBN 1 TAKALAR

ANDI CHOFIFA, (2024) PENGGUNAAN MEDIA PENSIL GRIP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ANAK CEREBRAL PALSY KELAS IV SD DI SLBN 1 TAKALAR.

[img] Text
ANDI+CHOFIFA.pdf

Download (390kB)

Abstract

ANDI CHOFIFA, 2023. Penggunaan media pensil grip untuk meningkatkan kemampuan menulis anak cerebral palsy kelas IV di SLBN 1 Takalar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. H. Syamsuddin, M.Si dan Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M.Pd. Jurusan Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang penggunaan media pensil grip untuk peningkatan kemampuan menulis anak cerebral palsy kelas IV di SLBN 1 Takalar, khususnya ada kompetensi pengembangan diri dan gerak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) peningkatan kemampuan menulis anak cerebral palsy sebelum penggunaan media pensil grip, 2) peningkatan kemampuan menulis anak cerebral palsy setelah penggunaan media pensil grip, 3) peningkatan kemampuan menulis anak cerebral palsy melalui penggunaan media pensil grip. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak cerebral palsy yang berinisial MNZ. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes perbuatan. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif perbandingan nilai tes dari awal dan akhir, mendeskripsikan hasil tes sebelum dan setelah perbuatan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) kemampuan menulis pada anak cerebral palsy sebelum penggunaan media pensil grip berada pada kategori rendah, 2) kemampuan menulis pada anak cerebral palsy setelah penggunaan media pensil grip berada pada kategori tinggi, 3) terdapat peningkatan kemampuan menulis melalui penggunaan media pensil grip pada anak cerebral palsy dari kategori rendah meningkat menjadi kategori tinggi. Dengan demikian, kemampuan anak setelah diberikan perlakuan meningkat dan lebih baik dibandingkan sebelum diberikan perlakuan. Kata kunci: Pensil grip, menulis, Cerebral palsy

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Jul 2024 06:11
Last Modified: 25 Jul 2024 06:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35849

Actions (login required)

View Item View Item