PENGARUH PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN SISWA KELAS IV UPT SPF SD INPRES LAYANG TUA II

Nurafifahtul Khasanah Azis (2024) PENGARUH PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN SISWA KELAS IV UPT SPF SD INPRES LAYANG TUA II.

[img] Text
ARTIKEL NURAFIFAHTUL KHASANAH AZIS.pdf

Download (284kB)

Abstract

Nurafifahtul Khasanah Azis, 2024. Pengaruh Penggunaan Metode Jarimatika terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa Kelas IV UPT SPF SD Inpres Layang Tua II. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Amrah dan Muh. Faisal) Penelitian ini membahas pengaruh penggunaan metode jarimatika terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Layang Tua II yang bertujuan untuk: (1) mengetahui gambaran pelaksanaan pembelajaran di kelas menggunakan metode jarimatika, (2) mengetahui gambaran kemampuan berhitung perkalian kelas IV dan (3) mengetahui pengaruh penggunaan metode jarimatika terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Layang Tua II. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis Pre-Eksperimental Design tipe One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Layang Tua II, sampelnya 16 siswa yang dipilih menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan penggunaan metode jarimatika berjalan dengan sangat baik sesuai dengan langkah�langkah yang telah dilaksanakan. Selain itu terdapat perbedaan signifikan dalam kemampuan berhitung siswa dengan peningkatan dari nilai rata-rata pretest berada pada kategori perlu bimbingan karena dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berhitung perkalian siswa yang disebabkan penggunaan metode hafalan oleh guru dan setelah posttest berada pada kategori baik hal tersebut disebabkan karena adanya pemberian perlakuan berupa penggunaan metode jarimatika sehingga siswa mampu memahami dengan cepat konsep berhitung perkalian yang diajarkan menggunakan jari tangan sebagai alat bantu. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,000 < α = 0,05 sehingga hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, terdapat perbedaan kemampuan berhitung perkalian siswa yang signifikan setelah menerapkan metode jarimatika. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) penggunaan metode jarimatika siswa kelas IV UT SF SD Inpres Layang Tua II terlaksana dengan sangat baik, (2) kemampuan berhitung perkalian siswa dengan hasil pretest berada pada kategori perlu bimbingan dan setelah posttest berada pada kategori baik, dan (3) penggunaan metode jarimatika berpengaruh terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Layang Tua II. Kata Kunci: Metode Jarimatika, Kemampuan Berhitung Perkalian

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Jul 2024 06:05
Last Modified: 25 Jul 2024 06:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35848

Actions (login required)

View Item View Item