PENGARUH PERMAINAN BALOK ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN TKIT WIHDATUL UMMAH MAKASSAR

Nur Amaliah S (2024) PENGARUH PERMAINAN BALOK ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN TKIT WIHDATUL UMMAH MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nur Amaliah S, 2023, Skripsi, Pengaruh Permainan Balok Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini TKIT Wihdatul Ummah. Jurusan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh A. Sri Wahyuni Asti dan Muhammad Akil Musi) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan balok angka terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak menggunakan media balok angka anak usia 5-6 tahun di TKIT Wihdatul Ummah Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini 16 orang anak dengan 8 anak sebagai kelompok eksperimen dan 8 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah diseklis dan analisis non parametrik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal lambang bilangan yang diberi perlakuan permainan balok angka pada kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol. Hasil analisis yang diperoleh peningkatan rata-rata pada kelompok eksperimen -2,121 sedangkan pada kelompok kontrol -1,841 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia 5-6 tahun di TKIT Wihdatul Ummah. Kata Kunci : Permainan Balok Angka, Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Jul 2024 02:14
Last Modified: 24 Jul 2024 02:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35844

Actions (login required)

View Item View Item