PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS

Nurfaedah Abdullah (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nurfaedah Abdullah, 2023. Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 175 Bulo-Bulo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh bapak Dr. Muhammad Irfan dan ibu Siti Raihan ). Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV UPTD SD Negeri 175 Bulo-Bulo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan dua siklus yang masing-masing terdiri dari tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Fokus dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran picture and picture dan keterampilan menulis karangan narasi. Setting dan subjek penelitian ini adalah seorang guru dan seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 25 siswa, terdiri dari 14 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, tes menulis karangan narasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV pada siklus I pada proses pembelajaran berada pada kategori baik dan tes kemampuan menulis karangan narasi berada pada kategori baik pada pertemuan pertama serta kedua dan pada siklus II mengalami peningkatan pada proses pembelajaran yaitu berada pada kategori baik pada pertemuan pertama dan sangat baik pada pertemuan kedua serta tes kemampuan menulis karangan berada pada kategori baik pada pertemuan pertama dan sangat baik pada pertemuan kedua. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture dalam pembelajaran menulis karangan narasi dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV UPTD SD Negeri 175 Bulo-Bulo. Kata Kunci : Model Picture and Picture, Kemampuan menulis Karangan Narasi

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Jul 2024 02:01
Last Modified: 24 Jul 2024 02:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35843

Actions (login required)

View Item View Item