PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DI SEKOLAH DASAR KOTA MAKASSAR

Mustika (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DI SEKOLAH DASAR KOTA MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (780kB)

Abstract

Mustika, 2024. Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Khaerunnisa dan Faidah Yusuf). Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa masih kurang dalam memahami suatu bacaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui gambaran pelaksanaan metode pembelajaran role playing terhadap kemampuan membaca pemahaman di sekolah dasar kota Makassar, (2) untuk mengetahui gambaran kemampuan membaca pemahaman siswa dengan menggunakan metode role playing, dan (3) untuk mengetahui pengaruh metode role playing terhadap kemampuan membaca pemahaman di sekolah dasar kota Makassar. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental Design dengan bentuk The Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Mannuruki kota Makassar dengan jumlah 40 siswa, kelas VB sebagai kelas eksperimen dan VA sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar penilaian pre-test dan post-test secara lisan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran role playing terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas V UPT SPF SD Negeri Mannuruki kota Makassar dilihat dari skor rata-rata hasil penelitian menggunakan analisis deskriptif. Kemudian dari hasil analisis inferensial diperoleh bahwa data yang dihasilkan dalam penelitian ini berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis menggunakan data post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol yang menunjukkan terdapat pengaruh kemampuan membaca pemahaman siswa. Dapat disimpulkan bahwa penelitian yang dilakukan di kelas V UPT SPF SD Negeri Mannuruki kota Makassar menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan metode pembelajaran role playing terhadap kemampuan membaca pemahaman berada pada kategori “sangat baik”, (2) Kemampuan membaca pemahaman siswa setelah penggunaan metode role playing pada kelas eksperimen berada pada kategori “baik”, dan (3) Terdapat pengaruh yang signifikan menggunakan metode pembelajaran role playing terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas V UPT SPF SD Negeri Mannuruki kota Makassar. Kata Kunci : metode role playing, kemampuan membaca pemahaman

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Jul 2024 01:54
Last Modified: 24 Jul 2024 01:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35842

Actions (login required)

View Item View Item