Harfiah (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL GAME BASED LEARNING BERBASIS ROLE PLAYING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI MARADEKAYA 2 KOTA MAKASSAR.
Text
Artikel Jurnal (Harfiah).pdf Download (274kB) |
Abstract
Harfiah, 2024. Pengaruh Penerapan Model Game Based Learning Berbasis Role Playing Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Maradekaya 2 Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Khaerunnisa, S.Pd.I., MA dan Dr. Faidah Yusuf, S.S., M.Pd). Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa, ditandai oleh kurangnya semangat dalam mengikuti pelajaran, rasa bosan, minimnya partisipasi aktif, dan cenderung pasif selama proses pembelajaran. Sebagian besar guru juga masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang kurang menarik bagi siswa, serta jarang memanfaatkan media pembelajaran yang inovatif dan interaktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan, mengetahui motivasi belajar siswa, dan untuk mengetahui pengaruh penerapan model game based learning berbasis role playing terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Maradekaya 2 Kota Makassar. Desain penelitian ini menggunakan Pre- Eksperimental Design dengan bentuk One group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Maradekaya 2 Kota Makassar yang berjumlah 21 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan bantuan program IMB SPSS statistics version 29. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan model game based learning berbasis role playing di kelas V SD Negeri Maradekaya 2 Kota Makassar berjalan sangat baik, dilihat dari peningkatan skor dari kategori baik menjadi sangat baik berdasarkan lembar observasi guru dan siswa. Selain itu, motivasi belajar siswa juga meningkat ketika menggunakan model tersebut, terlihat dari perbedaan jumlah siswa yang mencapai kategori sedang dan tinggi pada skor nilai sebelum dan setelah diberikan perlakuan (treatment). Model game based learning berbasis role playing juga berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa, terbukti dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan perbedaan signifikan sebelum dan sesudah penerapan model tersebut. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model game based learning berbasis role playing dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Maradekaya 2 Kota Makassar. Kata Kunci: Model game based learning, role playing, motivasi belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 01:49 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 01:49 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35841 |
Actions (login required)
View Item |