PENGARUH MEDIA ALPHABET FLIPCHART TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA BULUKUMBA

Zuraidah Almaydah Ruslan (2024) PENGARUH MEDIA ALPHABET FLIPCHART TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA BULUKUMBA.

[img] Text
Artikel - Zuraidah Almaydah Ruslan.pdf

Download (230kB)

Abstract

Zuraidah Almaydah Ruslan, 2024. Pengaruh Media Alphabet Flipchart Terhadap Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Bulukumba. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Herlina dan Syamsuardi). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media alphabet flipchart terhadap kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun di taman kanak-kanak. Penelitian yang digunakan adalah pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment Design dan Desain Nonequivalent Control Grup Design, populasi dalam penelitian ini adalah 68 anak. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 anak dengan pembagian 14 anak sebagai kelompok eksperimen dan 14 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis non parametrik. Setelah pemberian perlakuan, dilakukan uji Wilcoxon sign rank menggunakan (2-tailed) α < 0,05 berdasarkan hasil uji Wilcoxon menunjukkan 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media alphabet flipchart yang signifikan terhadap kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun. Kata Kunci : Media Alphabet Flipchart, Kemampuan Literasi.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Jul 2024 07:25
Last Modified: 22 Jul 2024 07:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35835

Actions (login required)

View Item View Item