Megawati Basri (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LERANING TERHADAP KEMAMPUAN SAINS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK JELILAH KABUPATEN TAKALAR.
Text
2_Megawati Basri.pdf Download (310kB) |
Abstract
Megawati Basri, 2023 Pengaruh Penerapan Model Discovery Leraning Terhadap Kemampuan Sains Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Jelilah Kabupaten Takalar. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Herman dan Sitti Nurhidayah Ilyas). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kegiatan model Discovery Learning terhadap kemampuan sains anak usia 4-5 tahun Di TK Jelilah Kabupaten Takalar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Ekperiment Design. Populasi dalam penelitian ini adalah 18 orang yaitu anak usia 4-5 tahun di TK Jelilah Kabupaten Takalar. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 12 anak dengan 6 anak sebagai kelompok eksperimen dan 6 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis non parametrik. Berdasarkan hasil uji wilcoxon kemampuan sains anak untuk kelompok eksperimen menunjukkan bahwa sebesar -2,214 dan nilai sig.(2tailed) sebesar 0,027 < 0,05 dan sama dengan kelompok kontrol menunjukkan bahwa sebesar -2,214 dan nilai sig.(2tailed) sebesar 0,027 <0,05 h1 diterima dan ho ditolak maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan rata-rata perkembangan sebelum dan sesudah dilakukan model discovery learning terhadap kemampuan sains anak. Kata Kunci : Discovery Leraning, Kemampuan Sains Anak
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 07:18 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 07:18 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35834 |
Actions (login required)
View Item |