PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR KOTA MAKASSAR

Mariamah (2024) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal Mariamah.pdf

Download (301kB)

Abstract

Mariamah, 2024. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Question Student Have terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Kota Makassar. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Rosdiah Salam dan Widya Karmila Sari Achmad). Penelitian ini mengenai pengaruh penerapan strategi pembelajaran Question Student Have siswa kelas V SD Inpres Layang Tua 1 Kota Makassar. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui gambaran penerapan strategi pembelajaran Question Student Have pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V, mengetahui gambaran hasil keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V, serta mengetahui penerapan strategi pembelajaran Questin Student Have terhadap keterampilan membaca pemahaman. Pendekatan yang di gunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen bentuk Pre Eksperimental Design dengan Tipe One-Group Design. Sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Layang Tua 1 Kota Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi keterlaksanaan proses pembelajaran dan tes keterampilan membaca pemahaman. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa gambaran penerapan strategi pembelajaran Question Student Have pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V berada pada kategori baik, gambaran hasil keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V berada pada kategori tinggi, serta terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran Question Student Have terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V terbukti dari adanya pengaruh positif yang signifikan dibuktikan dengan uji hipotesis menggunakan rumus t-Test berbantu IBM SPSS Statistic. Kata Kunci: Startegi Pembelajaran Question Student Have, Keterampilan Membaca Pemahaman

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Jul 2024 06:45
Last Modified: 22 Jul 2024 06:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35831

Actions (login required)

View Item View Item