PENGARUH METODE CANTOL ROUDHOH TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KABUPATEN PANGKEP

Nawira (2024) PENGARUH METODE CANTOL ROUDHOH TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KABUPATEN PANGKEP.

[img] Text
858+ARTIKEL+NAWIRA+26235-26241.pdf

Download (177kB)

Abstract

Nawira, 2023. Pengaruh metode cantol roudhoh terhadap kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun di kabupaten pangkep. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh bapak Syamsuardi dan ibu Sri Wahyuni) Penelitian ini didasari oleh rendahnnya kemampuan literasi membaca anak pada pemahaman kosa kata dan sulitnya anak dalam belajar membaca, yang disebabkan oleh kurangnya media pembelajaran yang menarik serta tidak adanya metode khusus yang digunakan dalam mengajarkan membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Cantol Roudhoh Terhadap Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun Di Kabupaten Pangkep. Pendekatan Penenlitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelompok B di TK Kemala Bhyangkari 20 Cabang Pangkep. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 anak dengan 10 anak sebagai kelompok eksperimen dan 10 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non parametrik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Metode Cantol Roudhoh memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun Di Kabupaten Pangkep. Kata Kunci : Metode Cantol Roudhoh, Kemampuan Literasi Anak Usia Dini

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jul 2024 01:37
Last Modified: 15 Jul 2024 01:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35827

Actions (login required)

View Item View Item