MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS I UPTD SDN 234 BARAMBANG II KABUPATEN MAROS

Nurinayah F Amaliah (2024) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS I UPTD SDN 234 BARAMBANG II KABUPATEN MAROS.

[img] Text
jurnal inayah.pdf

Download (377kB)

Abstract

Nurinayah F Amaliah, 2023. Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Menggunakan Media Index Card Match Pada Siswa Kelas I UPTD SDN 234 Barambang II Kabupaten Maros. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (Dibimbing oleh Muh Faisal dan Hotimah). Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dirancang oleh Kemmis dan Taggart (Khotimah et al., 2016), bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan media index card match pada siswa kelas I UPTD SDn 234 Barambang II. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media index card match, sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan membaca permulaan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas I dengan jumlah siswa 30 siswa yang terdiri 17 laki-laki dan 13 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pada siklus 1 berada pada kategori belum tuntas dan pada siklus 2 berada pada kategori tuntas, hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media index card match dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I UPTD SDN 234 Barambang II Kabupaten Maros. Kata Kunci : keterampilan membaca permulaan, media index card match

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Jul 2024 01:06
Last Modified: 12 Jul 2024 01:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35822

Actions (login required)

View Item View Item