MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MENGGUNAKAN VIDIO ANIMASI PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS VIII DI SLB C YPPLB CENDRAWASIH

Fitria Suci (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MENGGUNAKAN VIDIO ANIMASI PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS VIII DI SLB C YPPLB CENDRAWASIH.

[img] Text
JURNAL FITRIA SUCI.pdf

Download (208kB)

Abstract

Fitria Suci, 2023. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Vidio Animasi Pada Siswa Tunagrahita Kelas VIII di SLB C YPPLB Cendrawasih. Skripsi dibimbing oleh Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M. Pd dan Dr. Bastiana, M. Si. Jurusan Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang kemampuan mengenal huruf pada siswa tunagrahita di SLB C YPPLB Cendrawasih. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kemampuan mengenal huruf siswa tunagrahita kelas VIII sebelum penggunaan vidio animasi, 2) Kemampuan mengenal huruf siswa tunagrahita kelas VIII setelah penggunaan vidio animasi, 3) Peningkatan kemampuan mengenal huruf melalui penggunaan vidio animasi pada siswa tunagrahita kelas VIII. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa tunagrahita kelas VIII yang berinisial MK. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes mengenal huruf. Analisis data menggunakan hasil tes sebelum dan sesudah perlakuan, mendeskripsikan hasil tes sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian ini yaitu 1) kemampuan mengenal huruf siswa tunagrahita kelas VIII di SLB C YPPLB Cendrawasih sebelum penggunaan vidio animasi berada pada kategori sangat kurang mampu, 2) kemampuan mengenal huruf siswa tunagrahita kelas VIII setelah penggunaan vidio animasi berada pada kategori sangat mampu, 3) terdapat peningkatan kemampuan mengenal huruf siswa tunagrahita kelas VIII di SLB C YPPLB Cendrawasih dengan penggunaan vidio anmasi dari kategori sangat kurang mampu meningkat menjadi kategori sangat mampu. Kesimpulan dari penelitian ini, kemampuan siswa setelah diberikan perlakuan meningkat dan lebih baik dibandingkan sebelum diberikan perlakuan. Kata Kunci : Kemampuan Mengenal Huruf, Vidio Animasi, Siswa Tunagrahita

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Jul 2024 03:24
Last Modified: 03 Jul 2024 03:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35810

Actions (login required)

View Item View Item