Esti Rahayu (2024) PENERAPAN METODE SHOW AND TELL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V UPT SDN 11 TAROWANG KECAMATAN TAROWANG KABUPATEN JENEPONTO.
Text
Artikel_Esti Rahayu.pdf Download (225kB) |
Abstract
Esti Rahayu, 2023. Penerapan Metode Show and Tell Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V UPT 11 Tarowang Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Nur Abidah Idrus dan Lutfi B). Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa kelas V UPT SDN 11 Tarowang pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini ditunjukan dengan gejala-gejala sebagai berikut: masih rendahnya kepercayaan diri siswa berbicara di depan umum, siswa kurang mampu menjelaskan kembali isi bacaan yang dibacanya, dan siswa tidak ada yang berani bertanya kepada guru tentang isi teks bacaan yang kurang dipahaminya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode show and tell untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada mata pelajarana Bahasa Indonesia di kelas V UPT SDN 11 Tarowang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus setiap siklus dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan Tindakan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V UPT SDN 11 Tarowang Sebanyak 22 siswa dan satu guru. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu dengan menggunakan penerapan metode show and tell mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dilihat dari skor rata-rata siklus I 67,5 dan siklus II 77,2. Adapun nilai ketuntasan pada siklus I yaitu 50% menjadi 81% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan keterampilan berbicara siswa kelas V UPT SDN 11 Tarowang melalui penerapan metode show and tell mengalami peningkatan. Kata Kunci : Keterampilan Berbicara, Metode Show and Tell
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 03:15 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 03:15 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35808 |
Actions (login required)
View Item |