MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL BAHASA ISYARAT PADA SISWA TUNARUNGU KELAS II DI SLB NEGERI 1 PALU

Nur Asyfa Syaputri (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL BAHASA ISYARAT PADA SISWA TUNARUNGU KELAS II DI SLB NEGERI 1 PALU.

[img] Text
Anur+Asyifa+Syaputri.pdf

Download (237kB)

Abstract

Nur Asyfa Syaputri, 2024. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Pembelajaran Video Tutorial Bahasa Isyarat pada Siswa Tunarungu Kelas II di SLB Negeri 1 Palu. Skripsi dibimbing oleh Tatiana Meidina dan Mustafa. Jurusan Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu tentang kemampuan mengenal huruf pada siswa tunarungu kelas II di SLB Negeri 1 Palu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan mengenal huruf menggunakan media pembelajaran video tutorial bahasa isyarat pada siswa tunarungu kelas II di SLB Negeri 1 Palu. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang siswa tunarungu kelas II di SLB Negeri 1 Palu yang berinisial Nh. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes perbuatan. Analisis data menggunakan hasil tes sebelum dan setelah penggunaan media pembelajaran, mendeskripsikan hasil tes sebelum dan setelah penggunaan media pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) kemampuan mengenal huruf pada siswa tunarungu kelas II di SLB Negeri 1 Palu sebelum penggunaan media pembelajaran video tutorial bahasa isyarat berada pada kategori sangat rendah, 2) kemampuan mengenal huruf pada siswa tunarungu kelas II di SLB Negeri 1 Palu setelah penggunaan media pembelajaran video tutorial bahasa isyarat berada pada kategori sangat tinggi, 3) terdapat peningkatan kemampuan mengenal huruf pada siswa tunarungu kelas II di SLB Negeri 1 Palu dengan penggunaan media pembelajaran video tutorial bahasa isyarat dari kategori sangat rendah menjadi kategori sangat tinggi. Dengan demikian, kemampuan siswa setelah penggunaan media pembelajaran video tutorial bahasa isyarat meningkat dan lebih baik dibandingkan sebelum penggunaan media pembelajaran. Kata kunci: Huruf, Tutorial, Bahasa Isyarat, Tunarungu.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Jul 2024 02:59
Last Modified: 03 Jul 2024 02:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35806

Actions (login required)

View Item View Item