PENGARUH GAYA KOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL LITERASI MATEMATIKA KELAS V SD INPRES TAPPANJENG BANTAENG

Surya Ningsi (2024) PENGARUH GAYA KOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL LITERASI MATEMATIKA KELAS V SD INPRES TAPPANJENG BANTAENG.

[img] Text
JURNAL Surya Ningsi.pdf

Download (345kB)
[img] Text
JURNAL Surya Ningsi.pdf

Download (345kB)

Abstract

Surya Ningsi, 2023. Pengaruh Gaya Kognitif Tehadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas V SD Inpres Tappanjeng Bantaeng. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Rahmawati Patta Dan Hotimah) Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan gaya kognitif siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran penggunaan gaya kognitif siswa, untuk mengetahui gambaran penyelesaian soal literasi matematika pada siswa, dan untuk mengetahui pengaruh gaya kognitif Field Dependent dan Field Independent terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal literasi matematika SD Inpres Tappanjeng Bantaeng. Penelitian ini termasuk dalam penelitian komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Inpres Tappanjeng Bantaeng. Adapun sampel penelitian ini yaitu siswa dengan gaya kognitif Field Dependent dan Field Independent yang dipilih berdasarkan tehnik Purposive Sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakana tes gaya kognitif, dan tes kemampuan literasi siswa. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran gaya kognitif siswa dibedakan menjadi dua, yaitu Field Dependent dan Field Independent, dalam gambaran penyelesaian soal literasi matematika yang dilakukan pada siswa kelas V SD Inpres Tappanjeng Bantaeng dengan menggunakan gaya kognitif Field Dependent dan Field Independent memiliki perbedaan yang signifikan. Siswa dengan gaya kognitif Field Independent lebih tinggi dibandingkan gaya kognitif Field Dependent, hal ini dibuktikan hasil tes kemapuan literasi matematika siswa dengan gaya kognitif Field Independent memiliki nilai rata�rata yang berada pada kategori baik sedangkan siswa dengan gaya kognitif Field Dependent yang berada pada kategori cukup. Dari data tersebut menunjukkan adanya pengaruh gaya kognitif terhadap kemampuan siswa dalam menyesaikan soal literasi matematika kelas V SD Inpres Tappanjeng Bantaeng. Kesimpulan Penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan pola belajar siswa dengan gaya kognitif Field Dependent dan Field Independent. Fokus belajar siswa dengan gaya kognitif Field Independent akan lebih terarah dan sistematis dibandingkan dengan gaya kognitif Field Dependent dan persentase siswa dalam menyelesaikan soal literasi matematika berdasarkan indikator merumuskan, menggunakan dan menafsirkan berada diatas rata-rata. Kata Kunci: Gaya Kognitif, Field Dependent dan Field Independent Kemampuan Literasi Matematika

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Jul 2024 02:54
Last Modified: 03 Jul 2024 02:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35805

Actions (login required)

View Item View Item