Taufiqah Ridha Mardiyah (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN LOOSE PARTS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK RAUSHAN FIKRA.
Text
Artikel Jurnal UHO Sinta 4.pdf Download (454kB) |
Abstract
Taufiqah Ridha Mardiyah, 2024. Pengaruh Media Pembelajaran Loose Parts Terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Raushan Fikra. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Herman dan Azizah Amal). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Loose Parts terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Raushan Fikra. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok B usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Raushan Fikra. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 28 anak dengan 14 anak sebagai kelompok eksperimen dan 14 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non parametrik dengan menggunakan Uji Wilcoxon Sign Rank Test. Hasil analis data yang diperoleh Asym (2-tailed) = 0,001 < 0,05 artinya H1 diterima dan H0 ditolak dengan demikian kemampuan berpikir simbolik pada kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol, ini membuktikan media pembelajaran loose parst memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir simbolik pada anak usia 5-6 tahun di TK Raushan Fikra. Kata Kunci : Media Pembelajaran Loose Parts, Kemampuan Berpikir Simbolik
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 02:20 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 02:20 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35800 |
Actions (login required)
View Item |