IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA BERMAIN PERAN PADA KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IT AL-BIRUNI MANDIRI JIPANG MAKASSAR

Nurpadila (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA BERMAIN PERAN PADA KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IT AL-BIRUNI MANDIRI JIPANG MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Sinta 6 Nurpadila.pdf

Download (144kB)

Abstract

Nurpadila, 2024. Implementasi Model Pembelajaran Sentra Bermain Peran Pada Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Di TK IT AL Biruni Mandiri JIpang Makassar. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Muhammad Akil Musi dan Fitriani Dzulfadhilah). Fokus penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran sentra bermain peran pada kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK IT AL Biruni Mandiri Jipang Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan fenomena implementasi model pembelajaran sentra bermain peran untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK IT Al Biruni Mandiri Jipang Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengeumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru dan anak didik usia 5-6 tahun. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi Teknik, dan Sumber. Teknik analisis data penelitian ini yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pelakasanan pembelajaran di sentra bermain peran dilakukan guru dengan terlebih dahulu mempersiapkan RPPH dan alat main serta alat peraga untuk bermain peran disentra. Kemudian pada saat pemberian pijakan main (Scafollding) berupa pijakan lingkungan main guru menata dan menyusun alat main peran disentra, pada pijakan sebelum main guru menyampaikan kegiatan main dan memberikan peran yang akan dimainkan oleh anak, melalui pemberian pijakan sebelum main anak terlihat mampu mengutarakan keinginan, argumen dan perasaannya dengan menggunakan kalimat sederhana. kemudian pada saat pijakan selama main anak akan memainkan perannya disentra bemain peran, melalui pijakan selama main anak terlihat mampu mengutarakan ide dan dialognya saat bermain peran dengan baik disentra bermain peran. Lalu pada saat pemberiaan pijakan setelah main guru melakukan Recalling dan menanyakan kembali peran yang sudah dimainkan oleh anak. melalui pijakan setelah main anak terlihat mampu meceritakan kembali isi cerita dan peran yang sudah dimainkan dengan kalimat yang mudah dipahami. Kata Kunci : Kemampuan Berbicara, sentra bermain peran, implementasi

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Jul 2024 01:45
Last Modified: 03 Jul 2024 01:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35798

Actions (login required)

View Item View Item