PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SANDPAPER LETTERS TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK USIA 4 – 5 TAHUN DI TK MADANIA MAKASSAR

Marta Robertus (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SANDPAPER LETTERS TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK USIA 4 – 5 TAHUN DI TK MADANIA MAKASSAR.

[img] Text
12741-Article Text-55500-1-10-20240310.pdf

Download (212kB)

Abstract

Marta Robertus, 2024. Pengaruh Media Pembelajaran Sandpaper Letters Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4 – 5 Tahun Di TK Madania Makassar. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Herlina dan Rusmayadi) Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran kemampuan mengenal huruf anak usia 4 – 5 tahun Di TK Madania Makassar sebelum dan setelah diberikan perlakuan dan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media Sandpaper Letters terhadap kemampuan mengenal huruf anak usia 4 – 5 tahun Di TK Madania Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media Sandpaper Letters serta variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan mengenal huruf anak. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 30 orang anak yaitu seluruh peserta didik di TK Madania Makassar. Sampel dalaam penelitian ini menggunakan seluruh populasi yaitu 30 anak, 15 anak kelompok kontrol dan 15 anak kelompok eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dan analisis statistik non parametrik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal huruf anak yang diberi perlakuan media Sandpaper Letters pada kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media Sandpaper Letters memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mengenal huruf anak 4 – 5 tahun di TK Madania Makassar. Kata Kunci : Media Sandpaper Letters, Kemampuan Mengenal Huruf Anak

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Jul 2024 01:35
Last Modified: 03 Jul 2024 01:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35795

Actions (login required)

View Item View Item