PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NURUL TALAKALABBUA

Nurul Islamiyah (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NURUL TALAKALABBUA.

[img] Text
Artikel Nurul Islamiyah_200409501017.pdf

Download (432kB)

Abstract

Nurul Islamiyah, 2024. Skripsi, Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Nurul Talakalabbua. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Herlina dan Fitriani Dzulfadhilah). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Nurul Talakalabbua. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas adalah Model Pembelajaran Berbasis Proyek dan variabel terikat adalah Keterampilan Sosial. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design atau eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah 17 anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Nurul Talakalabbua. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 16 anak kelompok B usia 5-6 tahun dengan 8 anak sebagai kelompok eksperimen dan 8 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah perencanaan, Pre-test, Treatment, Post-Test, dan analisis hasil. Teknik Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non parametrik dengan menggunakan Uji Wilcoxon Sign Rank Test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan sosial anak yang diberi perlakuan model pembelajaran berbasis proyek pada kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol. Hasil analisis data diperoleh peningkatan rata-rata pada kelompok eksperimen 18,00, sedangkan pada kelompok kontrol 12,50. Hasil pengujian menunjukkan sig. (2-tailed) 0,011 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Talakalabbua. Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Keterampilan sosial

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Jul 2024 01:19
Last Modified: 03 Jul 2024 01:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35791

Actions (login required)

View Item View Item