PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 68 KASSIJALA KECAMATAN BONTOA KABUPATEN MAROS

RISMA (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 68 KASSIJALA KECAMATAN BONTOA KABUPATEN MAROS.

[img] Text
ARTIKEL-RISMA.pdf

Download (541kB)

Abstract

RISMA, 2023. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN 68 Kassijala Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros. Skripsi. Jurusan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (di bimbing Syamsiah dan Suarlin). Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 68 Kassijala Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 68 Kassijala Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble dan hasil belajar siswa. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 68 Kassijala Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang dengan materi Ide pokok dalam paragraf. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa yakni pada pencapaian siklus I, aktivitas guru berada pada kategori baik sedangkan aktivitas siswa berada pada kategori baik dan pada siklus II, aktivitas guru berada pada kategori baik sedangkan aktivitas siswa berada kategori baik. Hasil belajar siklus I berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Scramble dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 68 Kassijala Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros. Kunci : Hasil Belajar, kooperatif tipe scramble

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Jul 2024 03:28
Last Modified: 02 Jul 2024 03:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35787

Actions (login required)

View Item View Item