NURUL ANNISA (2024) PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DI SMP RANU HARAPAN ISLAMIC SCHOOL.
Text
72223-200134-1-SM.pdf Download (459kB) |
Abstract
NURUL ANNISA, 2023. Pembelajaran Berbasis Digital di SMP Ranu Harapan Islamic School. Yang dibimbing langsung oleh Dr. Ed. Faridah, S.T. M.Sc. dan Sumarlin Mus, S.Pd, M.Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang pembelajaran berbasis digital yang menekankan prinsip paperless yaitu meminimalisir penggunaan kertas dalam pembelajaran yang dilaksanakan. Fokus penelitiannya adalah bagaimana penerapan pembelaajran berbasis digital yang dilakukan dan kelebihan serta kekurangan dalam penerapannya di SMP Ranu Harapan Islamic School. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyediaan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran berbasis digital yang diterapkan di SMP Ranu Harapan Islamic School menggunakan teknologi dan aplikasi dalam penerapannya. Teknologi yang sering digunakan adalah tv dan tablet, serta smartphone yang dapat mengakses aplikasi untuk pemberian materi dan penugasan siswa. (2) Pembelajaran berbasis digital memiliki kelebihan tersendiri dalam penerapannya di SMP Ranu Harapan Islmaic School. Kelebihan dari pembelajaran berbasis digital di SMP Ranu Harapan Islamic School mulai dari penyajian materi yang lebih menarik, kemudahan dalam melakukan komunikasi, pengerjaan tugas yang tidak lagi menggunakan kertas (paperless) serta pengumpulan tugas dengan menggunakan platform tidak lagi dengan kertas. (3) Kekurangan yang yaitu kurangnya sarana pembelajaran khususnya tablet, kurangnya ruangan khusus untuk mengoperasikan notebook, dan siswa yang menyalahgunakan smartphone karena tidak membuka aplikasi penunjang belajar saat pembelajaran berlangsung. (4) Untuk melihat kekurangan dan melakukan perbaikan evaluasi pembelajaran dilakukan sekali tiap semester tepatnya pada akhir semester menjelang libur. Kata Kunci: Pembelajaran, Sarana, Digita
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 01:33 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 01:33 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35699 |
Actions (login required)
View Item |