PENGARUH PENERAPAN TEKNIK TOKEN EKONOMI TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK WAHYU KABUPATEN GOWA

FASDHILLAH (2024) PENGARUH PENERAPAN TEKNIK TOKEN EKONOMI TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK WAHYU KABUPATEN GOWA.

[img] Text
FASDHILLAH_ARTIKEL FASHLUNA.pdf

Download (648kB)

Abstract

FASDHILLAH, 2024, Pengaruh Penerapan Teknik Token Ekonomi Terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Wahyu Kabupaten Gowa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (Dibimbing Oleh Sitti Nurhidayah Ilyas dan A. Sri Wahyuni Asti) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik token ekonomi terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun di TK Wahyu Kabupaten Gowa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 32 anak yang merupakan anak usia 5-6 tahun di TK Wahyu Kabupaten Gowa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini dengan teknik Purposive Sampling dengan jumlah sampel yang didapatkan yaitu 24 anak 12 anak sebagai kelompok eksperimen dan 12 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis non parametrik. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon untuk data hasil kemandirian anak pada kelompok eksperimen menunjukkan nilai Z sebesar -3,068 dan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,002 < 0.05. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat perbedaan kemandirian anak sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik token ekonomi berpengaruh terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun di TK Wahyu Kabupaten Gowa. Kata Kunci: Teknik Token Ekonomi, Kemandirian

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Jun 2024 01:19
Last Modified: 24 Jun 2024 01:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35696

Actions (login required)

View Item View Item