PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN "POSTER" TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SD IT AL IKHSAN WAHDAH ISLAMIYAH KAB. BANTAENG

Lusi Sulfany (2024) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN "POSTER" TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SD IT AL IKHSAN WAHDAH ISLAMIYAH KAB. BANTAENG.

[img] Text
jurnal LUSISLFNY.pdf

Download (574kB)

Abstract

Lusi Sulfany, 2023, Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran "Poster" Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Di SD IT SD IT Al Ihsan Wahdah Islamiyah Kab. Bantaeng. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidika Universitas Negeri Makassar. Skripsi ini “dibimbing oleh (Andi Makkasau dan Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien)” Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD IT Al Ikhsan Wahdah Islamiyah. Berdasarkan rumusan masalah : (1) bagaimana gambaran pemanfaatan media poster terhadap pembelajaran IPS siswa kelas V di SD IT Al Ikhsan Wahdah Islamiyah Kab. Bantaeng? (2) Bagaimana gambaran hasil belajar IPS siswa dalam pemanfaatan media poster kelas kelas V di SD IT Al Ikhsan Wahdah Islamiyah Kab. Bantaeng? (3) Apakah terdapat pengaruh pemanfaatan media poster terhadap hasil belajar IPS siswa kelas kelas V di SD IT Al Ikhsan Wahdah Islamiyah Kab. Bantaeng?. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui gambaran pemanfaatan mediaposter terhadap pembelajaran IPS siswa kelas V di SD IT Al Ikhsan Wahdah Islamiyah Kab. Bantaeng. (2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar IPS siswa dalam menggunakan media poster kelas V di SD IT Al Ikhsan Wahdah Islamiyah Kab. Bantaeng. (3) Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media poster terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di SD IT Al Ikhsan Wahdah Islamiyah Kab. Bantaeng. Variable bebas pada penelitian ini adalah media poster sedangkan variable terikat ialah hasil belajar IPS. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD IT Al Ikhsan Wahdah Islamiyah berjumlah 56 siswa, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VA sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VC sebagai kelas eksperiment. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperiment bentuk Quasi Eksperimental Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi, tes pilihan ganda yang dilakukan sebanyak dua kali yaitu pretest dan posttest dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa di kelas eksperimen meningkat setelah diberikan media poster dibuktikan dengan rata-rata tes hasil belajar IPS meningkat setelah diberikan perlakuan media poster. Kemudian berdasarkan hasil analisis statistik inferensial uji hipotesis diperoleh P= 0,000 lebih kecil dari α 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan sebelum dan sesudah pemberian media poster terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD IT Al Ikhsan Wahdah Islamiyah Kabupaten Bantaeng. Kata Kunci : Media Poster, Hasil Belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Jun 2024 01:00
Last Modified: 24 Jun 2024 01:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35691

Actions (login required)

View Item View Item