Andy Anugrah (2024) PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL PENGGUNAAN APLIKASI FLIPBOOK DALAM MENGEMBANGKAN BAHAN AJAR.
Text
Artikel+JTekpend+Andy+Anugrah+1841040014.pdf Download (815kB) |
Abstract
Andy Anugrah 2023. Pengembangan Modul Digital Penggunaan Aplikasi Flipbook dalam mengembangkan bahan ajar. Skripsi Dibimbing Oleh: Dr. Pattaufi S.Pd., M.Si. dan Dr. Farida Febriati, S.S., M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah yang terjadi pada Mata Kuliah Multimedia Mahasiswa Teknologi pendidikan angkatan 2021 Universitas Negeri Makassar yaitu Minimnya media pembelajaran yang digunakan dalam belajar mandiri, pembelajaran lebih banyak berpatokan pada dosen, kurangnya kreatifitas mahasiswa dalam mengembangkan modul digital sehingga peneliti mengembangkan modul digital sebagai penunjang pembelajaran dengan menganalisis tingkat kebutuhan pengembangan modul digital mendesain modul digital, serta mengetahui tingkat validits dan kepraktisan modul digital tersebut. Tujuan penelitian untuk 1) Mengetahui kebutuhan pengembangan modul digital aplikasi flipbook dalam mengembangkan bahan ajar pada mata kuliah multimedia, 2) Mengetahui desain pengembvangan modul digital aplikasi Flipbook dalam mengembangkan bahan ajar pada mata kuliah Multimedia,3) Mengetahui tingkat kepraktisan dan kevaliditasan modul digital yang dikembangkan pada mata kuliah Multimedia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian R&D (research & Development) dan dikembangkan dengan model 4D (Define, Design, Develop, disseminate). Subjek penelitian ini yaitu 2 orang validator yang terdiri dari ahli desain media dan ahli isi/materi. Uji coba kepraktisan dosen dan mahasiswa berjumlah 20 orang mahasiswa. Teknik analisis data yaitu secara deskriptif kualitatif dan statistic deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa identifkasi tingkat kebutuhan dosen mata kuliah berada pada 100% dengan kualifikasi sangat dibutuhkan dan mahasiswa teknologi pendidikan angkatan 2021 pada mata kuliah Multimedia berada pada kualifikasi 86% sangat dibutuhkan, validasi materi/isi berada pada 91% dengan kualifikasi valid, validasi desain/media berada pada 94% dengan kualifikasi valid, uji coba mahasiswa besar berada pada 79% kualifikasi baik, dan tanggapan dosen mata kuliah berada pada 89% dengan kualifikasi baik. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu tingkat analisis kebutuhan modul digital ini berada pada tingkat dibutuhkan serta produk modul digital yang dikembangkan valid dan sangat praktis. Kata Kunci: Pengembangan, Modul digital penggunaan aplikasi flipbook
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 06:47 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 06:47 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35639 |
Actions (login required)
View Item |