PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUGMENTED REALITY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK SISTEM TATA SURYA DI UPT SDN 2 WETTE’E KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

Anjelina Sari (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUGMENTED REALITY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK SISTEM TATA SURYA DI UPT SDN 2 WETTE’E KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG.

[img] Text
Artikel Anjelina Sari.pdf

Download (374kB)

Abstract

Anjelina Sari, 2023. Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Peserta Didik pada Materi Pokok Sistem Tata Surya di UPT SDN 2 Wette’e Kabupaten Sidenreng Rappang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Amir Pada dan Widya Karmila Sari Achmad). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk: 1) mengetahui penggunaan media Augmented Reality pada proses pembelajaran sistem tata surya di kelas VI UPT SDN 2 Wette’e, 2) mengetahui peningkatan kemampuan kognitif peserta didik pada pembelajaran sistem tata surya sebelum dan setelah menggunakan media Augmented Reality, 3) mengetahui pengaruh dari penggunaan media Augmented Reality terhadap peningkatan kemampuan kognitif peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen Design dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VI UPT SDN 2 Wette’e sebanyak 67 peserta didik. Sampel yang digunakan adalah seluruh populasi yaitu dua kelas dari kelas VI yang terdiri dari kelas VI A sebagai kelas kontrol dan kelas VI B sebagai kelas eksperimen melalui teknik penarikan non probability sampling. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penggunaan media Augmented Reality dan variabel terikat yaitu kemampuan kognitif peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial yang terbagi atas uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa penggunaan media Augmented Reality menunjukkan dampak positif sehingga menghasilkan kategori sangat baik. (2) berdasarkan perhitungan uji t kelompok terpisah pada saat post-test menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan kognitif peserta didik kelas eksperimen lebih besar dari kemampuan kognitif kelas kontrol, karena P = 0,000 lebih kecil dari α = 0,05. (3) penggunaan media Augmented Reality memberikan pengaruh terhadap kemampuan kognitif peserta didik yaitu sebesar 7,65. Kata Kunci: media pembelajaran, augmented reality, kemampuan kognitif

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jun 2024 06:35
Last Modified: 20 Jun 2024 06:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35637

Actions (login required)

View Item View Item