PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK IN BOX PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VI SDN 34 PAKERE KABUPATEN MAROS

Syahriza Azzahra (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK IN BOX PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VI SDN 34 PAKERE KABUPATEN MAROS.

[img] Text
ARTIKEL SYAHRIZA AZZAHRA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Syahriza Azzahra, 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook in Box pada Pembelajaran IPS di Kelas VI SDN 34 Pakere Kabupaten Maros. Skripsi. Prodi Pendidikan guru sekolah dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (Dibimbing oleh Muhammad Irfan dan Abdul Rahman). Permasalahan yang dihadapi pada mata pelajaran IPS adalah pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru cenderung lebih menitikberatkan pada proses menghafal materi dengan model komunikasi satu arah yaitu dari guru ke siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendekrisipkan pengembangan media Scrapbook in Box pada materi mengenal Negara ASEAN pembelajaran IPS di kelas VI Sekolah Dasar serta mengetahui kevalidan media pembelajaran Scrapbook in Box ini. Jenis Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengembangan atau yang biasa disebut dengan Research and Development (R&D). Penelitian in menggunakan Model ADDIE digunakan sebagai model pengembangan yang terdiri dari lima fase, Analysis, Design, Development, implementation, evaluation. Teknik pengupulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Serta menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian meliputi; proses pengembangan media pembelajaran Scrapbook in Box yang dimulai dari tahap analisis; guru memerlukan media pembelajaran sehingga pada tahap desain peneliti mendesain media pembelajaran sesuai kebutuhan, dan dilanjutkan dengan dengan mempersiapkan pembuatan media dan validasi oleh para ahli pada tahap pengembangan. Hasil uji validasi oleh ahli materi yang mendapatkan nilai presentase presentase 91,1%, validasi ahli media mendapatkan nilai presentase 95%, dengan keterangan layak digunakan dengan tambahan saran, pada ahli pembelajaran mendapatkan nilai presentase 95% dengan keterangan layak tanpa revisi. Sehingga media Scrapbook in Box telah layak diuji cobakan di lapangan. Tahap implementasi adalah tahap uji coba produk yang dikembangkan serta pemberian angket peserta didik dengan jumlah skor dipersentasikan 96% dengan demikian scrapbook in box sebagai bahan ajar disekolah. Tahap evaluasi dilakukan diakhir seluruh tahapan. Pengembangan media Scrapbook in Box Materi Mengenal Negara ASEAN telah melalui validasi dengan kriteria (sangat baik). Hasil respon pengguna yaitu dari peserta didik setelah menggunakan media Scrapbook in Box Materi Mengenal Negara ASEAN pada Pembelajaran IPS kelas VI bahwa pengembangan media sangat membantu dalam proses pembelajaran. Kata kunci : Pengembangan, RnD, Scrapbook in Box, ASEAN, IPS.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jun 2024 06:32
Last Modified: 20 Jun 2024 06:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35636

Actions (login required)

View Item View Item