PENGARUH MODEL GUIDED INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DUSUN BIAI KABUPATEN PASANGKAYU

Humbelina Hale (2024) PENGARUH MODEL GUIDED INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DUSUN BIAI KABUPATEN PASANGKAYU.

[img] Text
Artikel Humbelina Hale 1949042021.pdf

Download (303kB)

Abstract

Humbelina Hale, 2023. Pengaruh Model Guided Inquiry Terhadap Kemampuan Sains Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dusun Biai Kabupaten Pasangkayu. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Neger Makassar (dibimbing oleh bapak Syamsuardi dan Muhammad Akil Musi) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Guided Inquiry terhadap Kemampuan Sains Anak Usia 5-6 Tahun. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Ekperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah 40 anak. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 36 anak, 18 anak TK Taman Seminari Santa Maria Ratu Rosri sebagai kelompok eksperimen dan 18 anak TK Satap Biai sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisi statistik dan analisis non parametrik. Kemampuan sains anak untuk kelompok eksperimen menunjukkan bahwa sebesar -3.732 dan nilai sig.(2- tailed) sebesar 0,027 < 0,05 jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan sains anak pada kelompok eksperimen sebelum dan setelah diberikan perlakuan model guided inquiry. Kata Kunci : Model Guided Inquiry, Kemampuan Sains anak

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jun 2024 05:30
Last Modified: 20 Jun 2024 05:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35630

Actions (login required)

View Item View Item