Miranda HB (2024) STRATEGI TUTOR DALAM PENGEMBANGAN BAKAT PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PADA PROGRAM PAKET B DI PKBM LINGKAR LONTARA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
JURNAL SKRIPSI MIRANDA HB.pdf Download (553kB) |
Abstract
Miranda HB, 2024. Strategi Tutor Dalam Pengembangan Bakat Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Program Paket B Di Pkbm Lingkar Lontara Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Kartini Marzuki dan Muhammad Asri). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan tutor dalam kegiatan pengembangan ekstrakurikuler di PKBM Lingkar Lontara. Informan penelitian ini 7 orang yaitu 1 kepala lembaga, 3 tutor ekstrakurikuler, dan 3 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian dengan cara observasi (pengamatan), wawancara, dan dokumentasi. Tes bakat di PKBM yaitu dengan cara ujian tertulis, proyek praktis, dan wawancara dengan di laksanakannya strategi ini tutor dapat dengan muda mengetahui bakat-bakat yang dimiliki oleh peserta didik. Melengkapi sarana dan prasarana yaitu memadai serta perencanaan yang baik dapat memberikan kontribusi positif dengan sarana dan prasana yang di siapkan oleh pihak lembag dapat memudahkan peserta didik dalam latihan pengembangan bakat. Berkerja sama secara aktif dengan orang tua yaitu dengan merencanakan pertemuan rutin, penggunaan saluran eklektronik dengan diadakannya kegiatan pertemuan rutin ini pihak lembaga dan orang tua dapat dengan mudah untuk berkerja sama mengawasi peserta didik dalam mengikuti latihan. Mengikut sertakan anak didik dalam ajang kompotensi yaitu dengan strategi pelatihan khusus, dan menciptakan lingkungan yang baik memastikan peserta didik merasa diakui dan didukung dengan mengikuti sertakan peserta didik untuk mengikuti kompotisi dapat membuat peserta didik semangat untuk mengikuti latihan ruting. Memberikan penghargaan kepada peserta didik yang berprestasi yaitu dengan kriteria penilaian penghargaan terhadap prestasi peserta didik melibatkan aspek pencapaian akademis, partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler, sikap positif terhadap pembelajaran, kemajuan dalam perkembangan pribadi, dan aspek kepemimpinan, memberikan penghargaan kepada peserta didik dapat memotivasi peserta didik untuk semangat mengikuti kompotini dan rajin mengikuti latihan ruting yang telah di jadwalkan. Kata Kunci: Strategi pengembangan bakat, Ekstrakurikuler, Paket B
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 02:05 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 02:05 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35628 |
Actions (login required)
View Item |