Nurhikmah (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN 17 INPRES GALUNG-GALUNG KAB MAJENE.
Text
Artikel.pdf Download (569kB) |
Abstract
Nurhikmah, 2023. Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SDN No.17 Inpres Galung- galung Kab Majene. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing Oleh Dosen Dr. Andi Makkasau M.Si dan Hamzah Pagarra, S.Kom., M.Pd) Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran konstruktivisme. Subjek yang dikenai penelitian ini yaitu siswa kelas V yang berjumlah 17 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan pada tahun pelajaran 2022/2023 di SDN No 17 Inpres Galung-galung kab. Majene. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dimulai dari Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, Refleksi yang digunakan dalam siklus selanjutnya. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Adapun instrument pengumpulan data berupa tes, lembar observasi Guru/siswa dan Dokumentasi. Data menunjukkan bahwa Tindakan pembelajaran siklus II terjadi peningkatan, Maka dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran konstruktivisme yang dimulai dari Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan 4 kali pertemuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 17 Inpres Galung-galung Kab Majene. Kata Kunci : Konstruktivisme, Hasil Belajar, IPA
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 02:06 |
Last Modified: | 19 Jun 2024 02:06 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35611 |
Actions (login required)
View Item |