IMPLEMENTASI MANAJEMEN SEKOLAH BERDASARKAN ACUAN AKREDITASI SATUAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR INTEGRAL AL BAYAN MAKASSAR

Fitriani Afrilia Nur Jufri (2024) IMPLEMENTASI MANAJEMEN SEKOLAH BERDASARKAN ACUAN AKREDITASI SATUAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR INTEGRAL AL BAYAN MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL_FITRIANI AFRILIA NUR JUFRI_UNM.pdf

Download (806kB)

Abstract

Fitriani Afrilia Nur Jufri, 2023. Implementasi Manajemen Sekolah Berdasarkan Acuan Akreditasi Satuan Pendidikan Di Sekolah Dasar Integral Al Bayan Makassar. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh (Dr. Wahira, M.Pd., dan Irmawati, S.Pd. M.Pd.) Penelitian ini mengkaji tentang implementasi manajemen sekolah berdasarkan acuan akreditasi sekolah. fokus penelitian ini untuk mengetahui capaian komponen manajemen sekolah pada sekolah dasar Integral Al Bayan Makassar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui capaian komponen manajemen sekolah pada sekolah dasar Integral Al Bayan Makassar. Adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Integral Al Bayan Makassar. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen sekolah berdasarkan acuan akreditasi sekolah meliputi: (1) Pengelolaan Kurikulum, Dalam pengelolaan kurikulum, SD Integral Al Bayan Makassar melibatkan pemangku kepentingan secara berkesinambungan dalam pengembangan kurikulum untuk memenuhi target keunggulan mutu dalam pengembangan kurikulum, melibatkan pemangku kepentingan untuk menyesuaikan program berdasarkan kebutuhan serta penyediaan anggaran bagi terlaksananya kurikulum. (2) Pengelolaan Guru dan Tenaga Kependidikan, SD Integral Al Bayan Makassar dalam pengelolaan guru dan tenaga kependidikan dengan permulaan merekrut guru dan tenaga kependidikan sesuai dengan kriteria, perekrutan dan seleksi yang transparan dan akuntabel yang dilakukan oleh yayasan lalu kemudian guru dan tenaga kependidikan yang baru akan dibina dan didampingi di sekolah selama tiga bulan. (3) Pengelolaan Sarana dan Prasarana, Pengelolaan sarana dan prasarana di SD Integral Al Bayan Makassar berdampak positif terhadap proses pembelajaran, sekolah selalu memastikan seluruh sarana dan prasarana dalam keadaan siap digunakan dengan melakukan pengecekan secara rutin agar tidak mengganggu seluruh proses pendidikan di sekolah, sekolah juga selalu mengamati jika adanya hambatan atau kekurangan dalam ketersediaan sarana dan prasarana. Kata Kunci Manajemen sekolah, Akreditasi sekolah, Pengelolaan kurikulum, Pengelolaan guru dan tenaga kependidikan dan Pengelolaan sarana dan prasarana.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jun 2024 01:10
Last Modified: 19 Jun 2024 01:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35605

Actions (login required)

View Item View Item