PENGEMBANGAN SEKOLAH EFEKTIF DI SD INPRES TIMBUSENG KABUPATEN GOWA

Rosmala Dewi (2024) PENGEMBANGAN SEKOLAH EFEKTIF DI SD INPRES TIMBUSENG KABUPATEN GOWA.

[img] Text
Upload jurnal Rosma.pdf

Download (113kB)

Abstract

Rosmala Dewi, 2023. Pengembangan Sekolah Efektif Di SD Inpres Timbuseng Kabupaten Gowa, Skripsi. Dibimbing oleh (Prof. Dr. H. Arismunandar, M.Pd., dan Dr. Ed. Faridah, ST. M.Sc.) Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Pengembangan Sekolah Efektif di SD Inpres Timbuseng Kabupaten Gowa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan sekolah efektif di SD Inpres Timbuseng Kabupaten Gowa. Adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Timbuseng Kabupaten Gowa. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data berupa observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan sekolah efektif dilakukan dengan cara sebagai berikut: (1) implementasi kepemimpinan instruksional di SD Inpres Timbuseng dilakukan dengan cara mencapai tujuan visi sekolah sehingga menjadi sumber utama berhasilnya suatu sekolah dengan begitu kepemimpinan instruksional dapat memfasilitasi para guru dalam meningkatan kualitas pembelajaran, (2) mengadakan program sekolah di SD Inpres Timbueng untuk memberikan kesempatan kepada guru-guru sehingga mendapatkan penyegaran yang berisi rencana kegiatan sekolah selama satu kalender akademik, (3) pemberian layanan pembelajaran yang bermutu di SD Inpres Timbuseng dengan cara pemanfaatan lingkungan secara maksimal sebagai sumber belajar yang diharapkan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, (4) adanya lingkungan belajar yang tertib dan nyaman di SD Inpres Timbuseng akan mendukung kegiatan belajar mengajar dalam pencapaian tujuan pembelajaran, (5) pemberian penghargaan bagi guru dan staf serta siswa yang berprestasi di SD Inpres Timbuseng sebagai bentuk abresiasi serta memotivasi agar terus senantiasa giat dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Sekolah Efektif, SD

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jun 2024 01:06
Last Modified: 19 Jun 2024 01:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35604

Actions (login required)

View Item View Item