SASRIANI (2024) Diajukan Untuk Memenuhi Persyaratan Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pada Jurusan Administrasi Pendidikan Strata Satu (S1) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.
Text
Artikel Sasriani_1943041008_AP19.pdf Download (310kB) |
Abstract
SASRIANI, 2023. Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Di SMP Negeri 24 Bulukumba. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Syamsu Kamaruddin, M.Si dan Syamsulrijal Basri, S.Pd., M.Pd). Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang manajemen hubungan masyarakat dalam meningkatkan jumlah peserta didik di SMP Negeri 24 Bulukumba. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui gambaran pelaksanaan manajemen hubungan masyarakat dalam meningkatkan jumlah peserta didik di SMP Negeri 24 Bulukumba. Adapun pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah SMP Negeri 24 Bulukumba. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, wakasek humas dan guru. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen hubungan masyarakat dalam meningkatkan jumlah peserta didik di SMP Negeri 24 Bulukumba meliputi: 1) Perencanaan: program humas menjadi bagian integral dari persiapan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) dengan fokus utama perencanaannya pada metode atau strategi yang akan digunakan untuk menarik minat calon siswa baru. 2) Pelaksanaan: pelaksanaan manajemen humas yang dijalankan adalah kegiatan kerjasama, pencitraan dan promosi. Melakukan komunikasi dengan penyampaian informasi kepada masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung guna mempromosikan profil sekolah. Adapun kegiatan langsung tersebut berupa sosialisasi langsung ke sejumlah sekolah dasar dan kunjungan rumah sedangkan kegiatan tidak langsung adalah dengan pemanfaatan media sosial berupa website dan youtube sebagai sarana informasi terkait kegiatan-kegiatan di sekolah, serta pembuatan baliho dan penyebaran brosur. 3) Evaluasi: kegiatan humas dinilai berjalan dengan baik karena jumlah peserta didik baru mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. 4) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan manajemen hubungan masyarakat dalam meningkatkan jumlah peserta didik di SMP Negeri 24 Bulukumba faktor pendukung yaitu; dukungan sumber daya, fasilitas sekolah, dan media sosial yang dimiliki sekolah, alumni sekolah dan hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu; komunikasi yang kurang efektif, persaingan antar sekolah dan waktu pelaksanaan strategi yang masih kurang memadai. Kata Kunci: Manajemen, Humas, Peningkatan Jumlah Peserta Didik
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 01:02 |
Last Modified: | 19 Jun 2024 01:02 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35603 |
Actions (login required)
View Item |