Lesnussa, Anastasya Ayu Ashari and Saenab, Sitti and Rosdiana, Rosdiana (2024) Penerapan Model Discovery Learning dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Menggunakan Media Kartu Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA di SMP Negeri 3 Makassar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 6 (2). pp. 1484-1493. ISSN 2684-8384
Text
anastasya-1172-Article Text-2400-1-10-20240606.pdf - Published Version Download (341kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Makassar melalui Penerapan Model Discovery Learning dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Menggunakan Media Kartu. Penelitian Tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus pembelajaran. Setiap siklus memiliki tahapan perencanaan, pelaksanaaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas VII.2 sebanyak 46 orang terdiri dari 24 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif komparatif dengan membandingkan hasil dari siklus I dan siklus II. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari persentase ketuntatasan belajar IPA meningkat sebesar 77,5% pada siklus 2. Sedangkan, peningkatan keaktifan peserta didik sebesar 100% pada siklus 2. Berdasarkan uraian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik tergolong sangat baik dan penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan Culturally Responsive Teaching (CRT) menggunakan media kartu berhasil meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran IPA di kelas VII.2 SMP Negeri 3 Makassar semester genap tahun ajaran 2023/2024. Kata Kunci: Keaktifan Peserta Didik, Hasil Belajar, Discovery Learning, CRT dan Media Kartu
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FMIPA > PENDIDIKAN IPA - (S1) FMIPA > PENDIDIKAN IPA - (S1) FMIPA |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | Arsad Bahri |
Date Deposited: | 15 Jun 2024 06:30 |
Last Modified: | 15 Jun 2024 06:30 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35554 |
Actions (login required)
View Item |