Penerapan Model Pembelajaran Reading, Connecting, Observing, Discussing, Evaluating (ReCODE) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII SMP IT Nurul Fikri

Afdal, Rizki Amaliah and Hasanuddin, Hasanuddin and Saenab, Sitti (2024) Penerapan Model Pembelajaran Reading, Connecting, Observing, Discussing, Evaluating (ReCODE) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII SMP IT Nurul Fikri. Celebes Science Education – CSE, 3 (1). ISSN 2829-629

[img] Text
reski amalia afdal-cse-51293-155028-1-PB.pdf - Published Version

Download (336kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui kategori keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP IT Nurul Fikri sebelum dan setelah dibelajarkan dengan model pembelajaran ReCODE, 2) mengetahui besar peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP IT Nurul Fikri setelah dibelajarkan dengan model pembelajaran ReCODE, 3) mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP IT Nurul Fikri setelah dibelajarkan model pembelajaran ReCODE, 4) mengetahui ada tidaknya kesamaan rata-rata keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP IT Nurul Fikri yang diajar dengan model pembelajaran ReCODE. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre-Eksperimen dengan desain penelitian menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 11 orang dan kelas VIII D sebagai kelas replikasi dengan jumlah peserta didik 19 orang. Instrumen penelitian berupa tes keterampilan berpikir kritis. Data analisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis menunjukkan: 1) skor keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP IT Nurul Fikri pretest berada pada kategori rendah (rata-rata skor 4,54) sedangkan posttest berada pada kategori sedang (rata-rata skor 11,63) 2) peningkatan skor rata-rata N-Gain keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP IT Nurul Fikri setelah diterapkan model pembelajaran ReCODE sebesar 0,45 yang masuk pada kategori sedang, 3) terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP IT Nurul Fikri setelah diterapkan model pembelajaran ReCODE, 4) terdapat kesamaan rata-rata keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP IT Nurul Fikri yang diajar menggunakan model pembelajaran ReCODE. Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kritis; Kontruktivistik; ReCODE.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN IPA - (S1)
FMIPA > PENDIDIKAN IPA - (S1)

FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Arsad Bahri
Date Deposited: 15 Jun 2024 06:28
Last Modified: 15 Jun 2024 06:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35551

Actions (login required)

View Item View Item