Fahriani, Alfira and Arsyad, Arie Arma and Saenab, Sitti and Tawil, Muhammad and Samputri, Salma (2023) Penerapan Model Pembelajaran Reading, Connecting, Observing, Discussing, Evaluating (ReCODE) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Kelas VIII SMP IT Nurul Fikri. JURNAL IPA TERPADU, 7 (3). pp. 447-453. ISSN 2597-8977
Text
53599-138078-1-PB.pdf - Published Version Download (264kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui 1) Besar peningkatan literasi sains peserta didik kelas VIII SMP IT Nurul Fikri setelah dibelajarkan model pembelajaran ReCODE, 2) Besar skor kategori effect size penggunan model pembelajaran ReCODE terhadap peningkatan kemampuan literasi sains literasi sains peserta didik kelas VIII SMP IT Nurul Fikri, 3) Besar kemampuan literasi sains peserta didik kelas VIII sebelum dan setelah dibelajarkan model pembelajaran ReCODE, 4) Mengetahui tidak adanya perbedaan rata-rata peningkatan yang signifikan kemampuan literasi sains kelas VIII B dan kelas VIII D setelah dibelajarkan dengan model pembelajaran ReCODE. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimen. Hasil analisis deskriptif menunjukkan peningkatan N-Gain pada kelas eksperimen pada kategori sedang, analisis Effect Size pada kelas eksperimen pada kategori redah. Hasil analisis inferensial menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata peningkatan yang signifikan sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran ReCODE serta tidak terdapat perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik antara kelas VIII B dan kelas VIII D. Kata Kunci: Literasi Sains, ReCODE, SMP
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FMIPA > PENDIDIKAN IPA - (S1) FMIPA > PENDIDIKAN IPA - (S1) FMIPA |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | Arsad Bahri |
Date Deposited: | 15 Jun 2024 06:31 |
Last Modified: | 15 Jun 2024 06:31 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35547 |
Actions (login required)
View Item |