Penerapan Model Pembelajaran Reading, Connecting, Observing, Discussing, Evaluating (ReCODE) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Kelas VIII SMP IT Nurul Fikri

Fahriani, Alfira and Arsyad, Arie Arma and Saenab, Sitti and Tawil, Muhammad and Samputri, Salma (2023) Penerapan Model Pembelajaran Reading, Connecting, Observing, Discussing, Evaluating (ReCODE) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Kelas VIII SMP IT Nurul Fikri. JURNAL IPA TERPADU, 7 (3). pp. 447-453. ISSN 2597-8977

[img] Text
53599-138078-1-PB.pdf - Published Version

Download (264kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui 1) Besar peningkatan literasi sains peserta didik kelas VIII SMP IT Nurul Fikri setelah dibelajarkan model pembelajaran ReCODE, 2) Besar skor kategori effect size penggunan model pembelajaran ReCODE terhadap peningkatan kemampuan literasi sains literasi sains peserta didik kelas VIII SMP IT Nurul Fikri, 3) Besar kemampuan literasi sains peserta didik kelas VIII sebelum dan setelah dibelajarkan model pembelajaran ReCODE, 4) Mengetahui tidak adanya perbedaan rata-rata peningkatan yang signifikan kemampuan literasi sains kelas VIII B dan kelas VIII D setelah dibelajarkan dengan model pembelajaran ReCODE. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimen. Hasil analisis deskriptif menunjukkan peningkatan N-Gain pada kelas eksperimen pada kategori sedang, analisis Effect Size pada kelas eksperimen pada kategori redah. Hasil analisis inferensial menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata peningkatan yang signifikan sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran ReCODE serta tidak terdapat perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik antara kelas VIII B dan kelas VIII D. Kata Kunci: Literasi Sains, ReCODE, SMP

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN IPA - (S1)
FMIPA > PENDIDIKAN IPA - (S1)

FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Arsad Bahri
Date Deposited: 15 Jun 2024 06:31
Last Modified: 15 Jun 2024 06:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35547

Actions (login required)

View Item View Item