FIFI ISNAWATI (2024) PENERAPAN TEKNIK PEMBINAAN PESERTA DIDIK TERHADAP KEDISIPLINAN DI MADRASAH TSANAWIYAH BADAN AMAL UJUNGLOE KAB. BULUKUMBA.
Text
Jurnal Fifi Isnawati_ 1943041001_AP_JAK2P 01.pdf Download (180kB) |
Abstract
FIFI ISNAWATI, 2023. Penerapan Teknik Pembinaan Peserta Didik Terhadap Kedisiplinan di Madrasah Tsanawiyah Badan Amal Ujungloe Kab. Bulukumba. Skripsi, dibimbing oleh Dra. Sitti Habibah, M.Si dan Irmawati S.Pd, M.Pd, Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang penerapan teknik pembinaan peserta didik terhadap kedisiplinan di Madrasah Tsanawiyah Badan Amal Ujungloe Kabupaten Bulukumba. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana memanajemen peserta didik melalui teknik pembinaan kedisiplinan di Madrasah Tsanawiyah Badan Amal Ujungloe Kabupaten Bulukumba. Selain itu, untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi dan bagaimana bentuk upaya yang dilakukan agar kegiatan pembinaan kedisiplinan ini berjalan optimal. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Badan Amal Ujungloe Kabupaten Bulukumba. Sumber data dari penelitian ini yaitu Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, Wali Kelas, dan Guru BK. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembinaan peserta didik terhadap kedisiplinan yaitu ; 1. Proses pembinaan peserta didik terhadap kedisiplinan yang paling sering digunakan yaitu teknik inner control yang dimana pihak madrasah memberikan kepekaan ataupun kesadaran dalam membina peserta didik di madrasah , adapun eksternal control yaitu bagaimana pengawasan dari pihak madrasah dilakukan oleh kepala madrasah sebagai seorang pemimpin, wakamad bidang kesiswaan, wali kelas, serta guru BK untuk mengawasi kedisiplinan peserta didik agar terhindar dari berbagai pelanggaran yang dapat menghambat proses belajar mengajar di madrasah. 2. Adapun kendala terkait pembinaan kedisiplinan peserta didik yang meliputi disiplin waktu, berpakaian/penampilan, berperilaku masih tergolong rendah, terutama pada aspek waktu. Adapun upaya yang dilakukan yaitu dengan pendekatan secara khusus terhadap peserta didik agar dapat direalisasikan dan sesegera mungkin dapat diterapkan demi suksesnya pembinaan kedisiplinan peserta didik. Kata Kunci : Teknik Pembinaan Peserta Didik, Kedisiplinan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 14 Jun 2024 05:43 |
Last Modified: | 14 Jun 2024 05:43 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35535 |
Actions (login required)
View Item |