MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSI ANAK USIA DINI DI TK ZIVANA MONTESSORI KELURAHAN KARAMPUANG KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASSAR

DELYANA AMALDA (2024) MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSI ANAK USIA DINI DI TK ZIVANA MONTESSORI KELURAHAN KARAMPUANG KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
24Des2023_Delyana Amalda_UNM_Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan 2024.pdf

Download (556kB)

Abstract

DELYANA AMALDA, 2024, Manajemen Pendidikan Inklusi Anak Usia Dini di TK Zivana Montessori Kelurahan Karampuang Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. (dibimbing oleh Muhammad Yusri Bachtiar dan Rusmayadi) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran manajemen pendidikan inklusi anak usia dini di TK Zivana Montessori Makassar. Penelitian ini merupakan penelitan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru reguler, guru pembimbing khusus, orang tua anak reguler dan anak berkebutuhan khusus. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TK Zivana Montessori menonjolkan filosofi inklusi dengan mengakui setiap anak sebagai individu unik. Visi-misi sekolah menekankan prinsip-prinsip inklusi dengan fokus pada pembentukan karakter, moralitas, dan kecerdasan anak. Manajemen inklusi melibatkan prosedur penerimaan siswa berkebutuhan khusus dan pengembangan kurikulum inklusif. Guru reguler memantau, menyesuaikan kurikulum, dan berkolaborasi dengan guru pembimbing khusus. Guru pembimbing khusus berperan untuk mengidentifikasi anak berkebutuhan khusus dan menyusun Program Perkembangan Individual serta ikut andil dalam proses pendampingan saat program tersebut dilaksanakan. TK Zivana Montessori memerlukan sarana dan prasarana yang mengakomodasi aksesibilitas bagi ABK. Media pembelajaran beragam yang mendukung kebutuhan khusus anak didik. Pembelajaran individual dengan filosofi Montessori dan pembelajaran kooperatif melibatkan anak berkebutuhan khusus dengan anak didik reguler. Evaluasi pembelajaran mencakup penilaian formatif dan sumatif untuk perkembangan holistik anak didik. Kata Kunci: Manajemen, Anak Berkebutuhan Khusus, Pendidikan Inklusi

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jun 2024 05:26
Last Modified: 14 Jun 2024 05:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35532

Actions (login required)

View Item View Item