PENGEMBANGAN MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH ALIAH (MA) DARUSSHALIHIN BERRU KAB. SOPPENG

Lukman (2024) PENGEMBANGAN MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH ALIAH (MA) DARUSSHALIHIN BERRU KAB. SOPPENG.

[img] Text
03. Jurnal - Lukman - 1941040006.pdf

Download (198kB)

Abstract

Lukman 2024. Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Madrasah Aliah (MA)Darusshalihin Berru Kab. Soppeng. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Arnidah dan Abdul Hakim) Penelitian ini mengembangkan media evaluasi menggunakan Quizizz untuk merangsang kemampuan berpikir kritis siswa, dengan tujuan mengoptimalkan Profil Pelajar Pancasila. Berdasarkan data nilai ujian harian Bahasa Indonesia terdapat 12 dari 20 siswa yang rata-rata memperoleh nilai rendah pada capaian Profil Pelajar Pancasila dalam aspek berpikir kritis. Siswa menyatakan kebutuhan akan media yang dapat membantu dalam menstimulus kemampuan berpikir kritis. sehingga guru dan siswa setuju untuk menggunakan Quizizz. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan tingkat kebutuhan terhadap Media Evaluasi. 2) Mendeskripsikan Desain pengembangan Media Evaluasi. 3) Mendeskripsikan tingkat validitas dan kepraktisan Media Evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan model Hannafin & Peck. Penelitian dilakukan di MA Darusshalihin Berru dengan subjek penelitian melibatkan validator isi dan media, 20 siswa Fase E MA Darusshalihin Berru, dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode analisis data terdiri dari atas analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti pada 1) kebutuhan media oleh guru sebesar 100%, sedangkan siswa sebesar 89%. 2) Tahap desain media disusun dengan menyesuaikan gaya belajar siswa. 3) Hasil validasi isi dan media mencapai tingkat 100%. Uji coba kepraktisan siswa sebesar 88%. Tanggapan guru sebesar 88%. Dapat disimpulkan bahwa media evaluasi pembelajaran ini dibutuhkan serta telah terbukti valid dan praktis. Kata Kunci: Quizizz, HOTS, Bahasa Indonesia, Evaluasi, Media Evaluasi

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jun 2024 05:19
Last Modified: 14 Jun 2024 05:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35531

Actions (login required)

View Item View Item