PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD No. 126 INPRES PA’RAPPUNGANTA 1 KAB. TAKALAR

NURTENDRIANI SHOLEHA RIZAL (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD No. 126 INPRES PA’RAPPUNGANTA 1 KAB. TAKALAR.

[img] Text
PJE_Nurtendriani Sholeha Rizal.pdf

Download (698kB)

Abstract

NURTENDRIANI SHOLEHA RIZAL, 2023.Penerapan Model Pembelajaran Team Quiz Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD No 126 Inpres Pa’rappunganta 1 Kabupaten Takalar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Andi Dewi Riang Tati dan Ahmad Syawaluddin) Penelitian ini di lakukan berdasarkan permasalahan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Team Quiz. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD No. 126 Inpres Pa’rappunganta 1. Sebanyak 23 siswa dan satu guru. Fokus penelitian ini meliputi proses dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Team Quiz untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai pelaksana tindakan, dan guru sebagai observer. Teknik analisis data yaitu kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Quiz pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial dengan pencapaian ketuntasan hasil belajar siklus I berada pada kategori cukup sedangkan pencapaian ketuntasan pada siklus II berada pada kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Team Quiz dapat meningkatkan proses dan hasil belajar pada siswa kelas IV SD No. 126 Inpres Pa’rappunganta 1 Kabupaten Takalar. Kata Kunci : Team Quiz, hasil belajar, IPAS

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jun 2024 07:54
Last Modified: 13 Jun 2024 07:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35521

Actions (login required)

View Item View Item